Jumat, 05 Oktober 2012

UMPAN PANCING BUATAN

Umpan memancing bisa dipasang pada bagian ujung pelampung, dari kail, dan terdiri dari beragam bentuk, ukuran atau warna, tergantung pada jenis ikan itu dimaksudkan untuk ditangkap. Alat ini dirancang untuk menarik ikan, menyerupai mangsa alami mereka dalam gerakan dan penampilan. namun jika salah menempatkan malah dapat memiliki efek sebaliknya: menakut-nakuti dan ikan pergi menjauh.

Tingkat keberhasilan menangkap ikan bisa menurun tanpa umpan pancing. Umpan buatan ini sangat bervariasi dari cacing karet klasik yang bersinar dalam gelap sampai umpan chameleonic (berubah warna) yang berteknologi tinggi. Mata Kail beberapa memiliki 3 mata dimaksudkan agar ikan akan menggigit dan terjebak. Ketika itu terjadi makan  pemancing akan gembira menarik batang pancing dan membawa tangkapan ke permukaan. pemancing berpengalaman akan memparkan dan tarik  tenggelam untuk meniru tindakan alami berenang. Cara ini meyakinkan ikan untuk mendekati dan menggigit mangsa buatan itu.



Berbagai jenis umpan pancing antara lain: jig, Wobblers, umpan sendok, umpan lalat, trout dan cacing, spinnerbait dan banyak lagi.

Umpan jig menciptakan gerakan vertikal dan digunakan di laut dan air tawar. Yang klasik memiliki kepala bulat tetapi mereka dapat bervariasi modelnya. Yang penting adalah bahwa mereka menarik ikan. Bodi terbuat dari karet atau silikon. Tujuan yang paling umum di antara pemancing untuk menangkap smallmouth atau bass mulut besar.



Sebuah wobbler (atau plug) yang terbuat dari kayu atau plastik, ia memiliki bib plastik tipis yang melekat pada bagian depan, dapat disesuaikan untuk memindahkan atau menyelam berbeda.Alat ini memiliki 2 atau kadang-kadang 3 kait. bib akan membuat kedalaman umpan itu ketika menyelam. Umpan yang tidak memiliki bib akan mengapung di permukaan.

Seperti namanya, umpan sendok memiliki bentuk sendok dan memiliki kapasitas untuk menarik ikan dengan memantulkan cahaya. Biasanya terbuat dari logam mengkilap, dengan bentuk cekung. Sama seperti plug dapat memiliki tiga mata kail. Pemancing biasanya melemparkan lebih jauh dari titik di mana diperkirakan ada berenang ikan. Juga, berbagai warna diyakini dapat meningkatkan kemungkinan menangkap ikan.

Umpan memancing
lalat (fly) terbuat dari bulu atau benang tipis , kadang-kadang dengan manik-manik, kain memimpin atau melekat membuatnya lebih "lucu". Nelayan terlatih dapat mengikat sendiri umpan pancing dengan bulu atau bulu bergulir sekitar hook untuk bersembunyi dari ikan. Umpan lalat adalah dari 5 jenis: fly basah, fly kering, nimfa, terestrial dan streamer. Beberapa  mengapung di atas air dan lainnya bisa ditenggelamkan.

Bagi mereka yang memilih untuk ikan di malam hari, berbagai umpan pancing
baru telah diciptakan. Ada yang bersinar dalam gelap, di bawah air danada dalam semua model yang disebutkan sebelumnya. Anda dapat mewarnai sendiri atau Anda dapat membawa flash light portabel untuk mengisi umpan pancing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar