Jumat, 22 Februari 2013

Koi Lokal Lebih OK

Bagi yang pingin memelihara ikan koi namun tidak mau repot dengan urusan kolam yang harus banyak pernak perniknya, pilihan terbaik bagi anda adalah dengan memelihara ikan koi lokal.  Dari sisi harga juga lebih murah, lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan penyakit, dan pastinya anda tidak perlu repot-repot dengan urusan segala macam filter.  Saya sendiri sudah membuktikannya selama 3 tahun memelihara koi lokal bahkan tanpa filter dan aerasi segala, koi saya masih hidup dengan damai dan masih bisa dinikmati keelokannya.  Cucok bukan apalagi buat kita yang berkantung pas-pasan.

Banyak juga koi lokal yang berkualitas dan tidak kalah dengan koi impor asli dari jepang. Para penghobi koi sudah tidak asing lagi dengan koi blitar. Koi Blitar kabarnya sudah diakui secara internasional tentang genetiknya.  Koi Loka sendiri adalah hasil persilangan antara koi asli jepang dengan ikan tombro yang memang punya warna unik juga.  Blitar merupakan sentra koi terbesar di Indonesia. Demikian juga dengan Cisaat, Sukabumi dan juga daerah daerah lainnya. Koi lokal memang kalah pamor dengan koi impor namun itu bukan berarti koi lokal lebih jelek kualitasnya. Koi lokal Blitar yang berkualitas baik bahkan ada yang menyamai kualitas koi impor bahkan untuk seorang pemula tidak akan bisa membedakannya. Tahun demi tahun kualitas koi lokal Blitar mengalami peningkatan seiring dengan pengalaman dari para peternak itu sendiri juga selektifnya dalam pemilihan induk. 

Koi Blitar atau koi lokal yang berkualitas tinggi ternyata tidak kalah keindahan dan corak warnanya dibandingkan dengan koi impor yang berharga mahal. Dalam memilih koi yang perlu diperhatikan adalah tidak tergesa-gesa, teliti, cermat, sabar dan memperhatikan seluruh penampilan koi secara seksama meliputi bentuk badan, gaya berenang, pola warna, kecerahan warna, kesehatan koi. Koi blitar memiliki kualitas yang cukup baik. 
Koi murah bisa anda dapatkan dengan membeli di sentra pasar ikan hias. Dalam memilih koi diperlukan kecermatan dan pengalaman, pilihlah penjual koi yang bisa dipercaya, penjual koi yang jujur dan baik akan memberikan informasi koi yang akan dijual kepada pembeli dengan sebenarnya.
Koi lokal yang hendak anda beli sebaiknya memenuhi kriteria koi bermutu dan bagus yaitu bentuk badan, kecerahan warna, pola warna, keelokan serta keangunannya. Koi dianggap bagus bila memiliki warna yang cemerlang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar