Sabtu, 02 Februari 2013

Memilih Cempe Untuk Calon Indukan Kambing Etawa

Anda pastinya sudah mendengar tentang keunggulan kambing etawa.  Sebagai kambing unggul yang sudah berhasil dikembangkan oleh masyarakat indonesia, tentunya berbeda dengan mengembangkan kambing biasa.
Hal Pertama yang harus anda perhatikan jika berniat membeli indukan kambing etawa sebagai calon indukan adalah  memilih kambing pejantan.  Kambing etawa pejantan sangat dominan pengaruhnya untuk pengembangbiakan kambing etawa.  Dimana Gen dari Kambing Jantan menurun pada anakannya sekitar 60-70%, dan 30-40 % dari  gen dari induk betina.

Saat anda akan membeli calon indukan khususnya untuk pejantan sangat disarankan untuk membeli ke peternak langsung, jangan beli di pasar hewan agar diketahui dengan jelas silsilahnya dan kualitasnya.ingat anda akan membeli kabing unggul untuk indukan kaan...  

Hal-hal yang perlu dicermati antara lain :
Bentuk Kepala Kambing Etawa
Untuk melihat kepala yang bagus adalah kepala yang agak jenong mendekati bentuk lingkaran jika dari samping serta  memiliki rahang mulut yang kuat .
Bentuk dan Panjang Telinga

Jenis telinga yang bagus biasanya tidak memiliki pangkal telinga yang menonjol ke luar, jadi dari samping kepala kambing langsung ke bawah. Sedangkan Panjang minimal telinga kambing etawa biasanya sekitar 30 cm.
Bentuk Tubuh
Kambing Etawa yang bagus  memiliki tulang-tulang yang kokoh dan besar. Semakin besar tulang pada kambing berarti semakin besar kemungkinan kambing tersebut untuk dapat tumbuh menjadi kambing yang besar.

Memilih Cempe di peternakan Etawa:

  1. Amati, apakah kebanyakan cempe yang dilahirkan memiliki pola warna yang seragam? Apakah cempe yang di hasilkan memiliki dominasi warna tertentu? Misal pola warna hitam atau pola warna coklat? Kalau pola warna cempe yang dihasilkan sudah sesuai dengan keinginan kita, berarti kita tidak perlu ragu dalam membelinya.
  2. Amati, apakah kebanyakan cempe yang dilahirkan memiliki pola telinga dan kepala yang bagus? Sebagaimana diketahui, pola telinga yang bagus adalah telinga yang menjulai ke bawah, lemas dan panjang. Semakin panjang telinga kambing, berarti semakin bagus kambing tersebut. Telinga yang bagus tidak memiliki pangkal telinga yang menonjol ke luar, jadi dari samping kepala kambing langsung ke bawah. Panjang minimal telinga diusahakan 30 cm. Sedangkan pola kepala yang bagus, adalah kepala yang agak nonong dan memiliki mulut yang agak nyakil.
  3. Amati, apakah kebanyakan cempe yang dilahirkan memiliki tulang-tulang yang kokoh dan besar. Semakin besar tulang pada kambing berarti semakin besar kemungkinan kambing tersebut untuk dapat tumbuh besar. Apabila pejantan yang digunakan peternak hanya 1 ekor, dapat dipastikan rata-rata tulangan cempe besar.
Membeli kambing di pasar juga memiliki banyak kelebihannya, selain banyak kambing sebagai pembanding, harga yang berlaku di pasar biasanya tidaklah setinggi harga kambing di kandang. Cuma, berdasarkan pengalaman saya, kambing di pasar biasanya mutu dan silsilahnya susah untuk dimonitor. Jarang ada petani membawa kambing etawa kelas satu ke pasar.

Untuk lebih amannya, disarankan apabila calon peternak ingin membeli kambing untuk indukan, sebaiknya datang ke peternaknya langsung. Karena dikandang kita akan dengan jelas mengamati dan bertanya tentang metode perawatan dan kebiasaan perawatan ternak. Karena biasanya lain peternak lain cara perawatan ke ternakannya. Selain itu kita juga dapat belajar langsung dan menambah ilmu beternak kambing. Semakin banyak masukan yang ada, semakin baik untuk usaha kambing anda


Source: kambingetawa.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar