Sabtu, 28 September 2013

KUCING BENGAL, KUCING RAS MIRIP MACAN KECIL

Kucing Bengal adalah nama Kucing Ras bukan kucing yang bengal atau nakal.  Kucing Bengal disebut demikian karena nama dari dari indukannya yaitu Asian Leopard Cat yang sering disebut Bengal Tiger.  Bengal kalau diindonesiakan biasa disebut Benggala.
Ras Kucing Bengal merupakan persilangan antara Asian Leopard Cat (Bengal Tiger) dengan American Shorthair. Perkawinan silang ini bertujuan mendapatkan pola tutul kucing liar pada kucing rumahan. Selanjutnya anak betina keturunannya disilangkan kembali dengan bapaknya sehingga dihasilkan anak kucing dengan pola tutul macan yang kemudian dikenal dengan ras Kucing Bengal. Ras ini merupakan keturunan dari kucing liar dan masih jarang ditemui, karena termasuk ras baru dalam dunia perkucingan. Pola kulit kucing bengal ini sangat indah dan mirip dengan pola macan.
Pada tahun 1983 ras Kucing Bengal didaftarkan di klub TICA, kemudian klub FiFe baru belakangan ini mengakuinya sebagai kucing ras. Kucing Bengal baru diperkenalkan di Perancis pada tahun 1991.

Dengan bentuk badan yang besar dan gagah, bengal mendapatkan sebagian ciri fisik leluhurnya yang merupakan kucing liar. Kucing betina dewasa mempunyai berat badan sekitar 4-5 Kg, sedangkan kucing jantan bisa mencapai verat 10 Kg.
Bentuk kepala kucing bengal besar dan agak panjang, tetapi lebih kecil dibandingkan porsi tubuhnya. Lehernya besar, panjang dan berotot, seimbang dengan ukuran kepala. Hidung besar dan lebar, sedangkan kulit hidung berwarna merah dengan garis luar hitam. Telinga sedang dan menghadap kedepan. Mata lebar dan bulat seperti buah almond, berwarna hijau atau amber.
Pola warna bengal sangat khas yaitu tabby spotted yang berwarna kehitam-hitaman, coklat atau cinnamon, dan garis horizontal hitam dibagian pundak, serta lingkaran berbentuk cincin pada ekor dengan ujung berwarna gelap. Warna dasar orange lebih disukai. Dikenal juga pola classic tabby yang terlihat seperti pola oyster di bagian paha dan pola kupu-kupu di bagian bahu.

Salah satu ciri khas kucing Bengal adalah suka akan air, mereka suka jika tubuhnya basah oleh air. Mereka suka sekali mandi dan berendam dalam bathtub bersama pemiliknya. sebagai turunan kucing liar,harus diwaspadai sifat alaminya muncul.  beberapa kucing Bengal rumahan menunjukkan kelainan sifat dan tingkah laku. Kucing-kucing tersebut memperlihatkan insting berburu yang cukup kuat dan melukai anak-anak. Di Australia, ras ini sempat dilarang dipelihara karena dianggap agak berbahaya. Insting berburu yang berlebihan ini diduga muncul akibat perawatan yang keliru sehingga menjadi liar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar