Kamis, 05 September 2013

KUPU-KUPU GAJAH PENGHASIL SUTERA BERKUALITAS TINGGI UNTUK KIMONO

Kupu-Kupu Gajah demikian hewan ini sering disebut, walaupun aslinya bukan dari jenis kupu-kupu tetapi dari jenis Ngengat, tapi biarlah kita sebut  kupu gajah biar gampang. Nama ilmiahnya adalah Attacus atlas mengingat  motif sayapnya mirip peta dunia.
 
Dari sisi ukuran memang relatif lebih  besar dibandingkan kupu-kupu pada umumnya makanya disebut kupu gajah.  Diameter sayapnya  sekitar 15 – 20 cm, dan kupu gajah ini sering muncul di musim-musim tertentu .  Siklus hidup Kupu Gajah berlangsung selama 90-115 hari, dan merupakan serangga polyvoltin, yaitu serangga yang dapat hidup lebih dari 2 generasi dalam setahun, sehingga serangga ini ada sepanjang tahun. Waktu di mana serangga ini paling banyak ditemukan adalah antara bulan November hingga Januari.
Ulat dikenal dengan ulat keket dan ngengatnya disebut dengan kupu gajah. Pohon inangnya adalah sirsak, jambu biji, mahoni, keben dan alpukat. Ukuran kokon Attacus atlas sekitar 3 – 6 ukuran kokon murbey dengan lapisan tebal dan keras. Ulat keket ini berwarna hijau muda tidak berbulu, relatif tidak menjijikan sehingga sejak dulu tidak pernah dibasmi, apalagi warna kupunya juga indah.
Kepompong Kupu Gajah telah dimanfaatkan untuk menghasilkan serat sutra. Kelebihan dari serat sutra Kupu Gajah dibandingkan serat sutra pada umumnya adalah ukuran serat yang cukup panjang (mencapai 2500 meter per kepompong), kuat, lembut, tidak mudah kusut, tahan panas, tidak menimbulkan alergi, dan memiliki warna alami yang bervariasi, mulai dari coklat muda, coklat tua, dan keabu-abuan. 

MAKANAN
Untuk Budidaya Makanan ulat yang digunakan berupa daun keben (Baringtonia asiatica Kurtz); Sirsak (Annona muricata Linn), dadap (Erytrina lithosperma Mig) dan gempol (Nauclea orientalis Linn). Senyawa kimia berupa metabolit sekunder dari tumbuhan-tumbuhan tersebutlah yang diperkirakan mempengaruhi kesukaan ulat pada daunnya.

Pasar tradisional Sutera Kupu Gajah adalah Jepang. Kokon (Kepompong) ini disebut juga kokon emas karena warnanya keemasan. Kokon emas digunakan sebagai bahan dasar produk produk eklusif Jepang berupa kimono dan aksesories pendukungnya.
Jika anda mau 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar