Minggu, 15 Desember 2013

Jenis jenis Burung Kacer Yang Ada di pasaran

Burung kacer merupakan burung kicau yang banyak dicari oleh para penggemar burung di Indonesia. Burung kacer atau nama inggrisnya magpie robin ini merupakan burung yang secara alami ada di Indonesia yang keberadaannya harus kita pertahankan.  Di pasaran burung selain kacer lokal juga bisa kita jumpai kacer asal negara lain. Perlu diketahui habitat asli burung kacer hanya di Jawa, Bali, kalimantan dan Sumatra. Jika anda temui burung kacer di Sulawesi dipastikan itu introduksi atau burung kacer piaraan yang lepas.
Kacer jawa

Kacer Poci

Secara awam, Burung kacer ada dua jenis, yakni kacer hitam atau kacer jawa dan kacer poci  yang sering disebut kacer sumatra.  Burung kacer jawa nama ilmiahnya adalah Copsychus sechellarum sedangkan kacer poci adalah Copsychus saularis.   Perbedaan kacer poci dan kacer jawa yang menyolok hanyalah pada warna bulu hitam-putih. Copsychus sechellarum atau kacer jawa berbulu hitam semua di bagian dada sampai dekat kloaka, sementara Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam hanya sampai dada dan ke bawah hingga kloaka berwarna putih. Satu lagi adalah kacer madagaskar (Copsychus albospecularis).

Untuk spesies Copsychus saularis (Oriental Magpie Robin) telah diidentifikasi sebanyak 9 subspecies, yaitu:

  1. Kacer poci atau sekoci atau kacer sumatra 
  2. Saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia) 
  3. Andamanensis, (Kep. Andaman) 
  4. Musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand) 
  5. Prosthopellus, (Hainan-China) 
  6. Erimelas (India ke Indochina), 
  7. Pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia), 
  8. Ceylonensis (India, Srilanka), 
  9. Adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia), 
  10. Mindanensis (Mindanao-Philippines).
Kacer Jawa (Copsychus sechellarum) atau Seychelles Magpie Robin penyebarannya dimulai dari Seychelles (Afrika), Jawa serta Kalimantan (Indonesia). Semua badan berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kekuatan berkicau benar-benar baik serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan benar-benar atraktif sembari memainkan ekor. Volume suara tengah. Type ini juga benar-benar menyukai dengan hawa panas.

Sesaat itu kacer madagaskar atau Madagascar Magpie Robin (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis serta inexpectatus. Semua subspecies Copsychus albospecularis ini menyebar di lokasi Madagascar Afrika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar