Rabu, 03 September 2014

Jenis Burung Kakatua Asli yang Hidup di Indonesia

Burung Kakatua mungkin burung paling populer di Indonesia, karena dari kecil kita diajarkan menyanyi Burung Kakatua, jadi semua orang pasti mengenal burung yang satu ini.  Kakatua terkenal sebagai burung yang pintar dan bahkan dapat meniru kata-kata manusia.  Kakatua merupakan burung paruh bengkok yang jenis dan habitatnya ada di Indonesia. Bulu burung kakatua bulunya putih bersih sehingga terlihat anggun.  Karena banyak diburu dan diperdagangkan membuat burung kakatua terancam di habitat aslinya, sehingga pemerintah memasukkan burung kaktua dalam daftar satwa yang dilindungi.

Di bumi kita ini telah diidentifikasi 13 jenis burung  Cacatua. 6 dari 13 jenis kakatua tadi bisa ditemukan di Indonesia, serta beberapa diantaranya ada di Maluku. Keenam Jenis dari kakatua tersebut yaitu :
  1.     Kakatua Putih (Cacatua Alba)
  2.     Kakatua Tanimbar (Cacatua Goffiniana)
  3.     Kakatua Rawa (Cacatua Sanguinea)
  4.     Kakatua Maluku (Cacatua Moluccensis)
  5.     Kakatua Koki (Cacatua Galerita)
  6.     Kakatua-Kecil Jambul-Kuning (Cacatua Sulphurea)
Dari 6 jenis kakatua tadi memang tidak ada kakatua raja dari papua karena memang secara ilmiah genusnya berbeda, dimana kakatua raja marga atau genusnya adalah Probosciger, sehingga kita tidak masukkan dalam kategori kakatua asli.

Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) adalah jenis kakatua dengan daerah persebaran yang sangat luas di Indonesia. Jenis ini menyebar di Sulawesi serta Nusa Tenggara. Ada 4 sub-jenis dengan persebarannya masing – masing, yakni Cacatua sulphurea sulphurea, Cacatua sulphurea parvula, dan Cacatua sulphurea citrinocristata serta Cacatua sulphurea abbotti. Tetapi, lokasi persebaran yang luas tidaklah jaminan untuk kelestarian dari Jenis paruh bengkok ini. Kakatua-kecil jambul-kuning justru adalah Jenis dari Burung Kakatua sangat terancam punah di Indonesia sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar