Sabtu, 04 Februari 2017

CARA MEMANDIKAN BURUNG DENGAN AIR BERAS

 Jika kita ke alam, seringkali kita lihat burung liar sedang mandi di kubangan air atau sungai. Demikian juga burung yang kita pelihara, sebaiknya juga dimandikan.  Sebaiknya minimal 1 minggu 1 kali.  Untuk memandikan burung peliharaan kita bisa mnggunakan air cucian berasBagiaman cara memanfaatkan air cucian beras untuk memandikan burung kesayangan kita, berikut ini caranya:

Pertama, Siapkan bunga mawar merah,,melati,daun kelor,dan daun pandan kemudian diremas dengan tangan.  Lalu campurkan  bunga-bunga yang sudah diremas tadi kedalam air cucian beras
Bunga dan daun pandan dan kelor ini berguna untuk menghilangkan kutu dan seranga yang hidup di bulu dan tubuh burung.  Taruh di dalam baskom dan mandikan burung kesayangan anda dengan hari-hati supaya tidak stress.
Untuk menjaga agar burung tenang saat di mandikan, caranya kedua kaki burung di jepit antara jari manis dan jari kelingking,jari telunjuk dan ibu jari menahan leher,sedang jari tengah menahan dada.
Sebelum dicelupkan ke dalam air,badan burung dibasahi terlebih dahulu. Setelah itu,burung dimasukan secara pelan-pelan kedalam wadah yang berisi ramuan tadi,seluruh bulu di bersihkan,kedua sayap dibentangkan secara bergantian di dalam air cucian,setelah semua bulu bersih,burung diangakat dari air leri dan disuapi dengan vaksin sebelum di masukan lagi kedalam sangkar,untuk sementara waktu,sangkar yang berisi burung yang baru saja di mandikan dan masih basah di gantung di tempat yang teduh. Burung di biarkan terkena air agar cepat kering,setelah itu gantung di tempat yang terkena sinar mentari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar