Jumat, 08 Februari 2013

Bagaimana Menjadi Pemimpin Kawanan Anjing Anda

Secara alami, anjing membentuk kelompok seperti halnya serigala aatau anjing liar lainnya. Karena berkelompok maka mereka membutuhkan pemimpin kawanan.  Seekor induk anjing sudah mulai melatih anak-anaknya sejak lahir. Dia membuat anaknya menunggu untuk makanan, mengontrol kapan waktunya boleh bermain dan seberapa jauh mereka boleh pergi bermain. Anjing dewasa juga memerlukan aturan dan batasan-batasan dari Anda, sebagai Pemimpin Kawanan saat mereka sedang dilatih.

Seorang Pemimpin Kawanan tidak boleh memperlihatkan energi emosional atau gugup, begitulah seharusnya yang Anda lakukan jika ingin menjadi Pemimpin kawanan bagi Anjing Anda. Di alam liar, Pemimpin Kawanan menggunakan energi yang tenang dan tegas untuk mempengaruhi kawanannya. Dia memberlakukan aturannya dengan cara yang tenang, seperti saat induk anjing (sebagai Pemimpin kawanan dari anak-anaknya) mengambil/mengangkat anaknya dengan mengigit bagian tengkuk leher mereka saat anaknya keluar dari sarangnya.

Kepemilikan wilayah atau teritorial sangat penting. Anjing di alam liar mengklaim wilayah mereka dengan cara yang tenang dan percaya diri, dan kemudian berkomunikasi menyatakan kepemilikannya dengan menggunakan isyarat bahasa tubuh dan kontak mata. Anjing yang mengganggap Anda sebagai Pemimpin Kawanan, yang memiliki wilayah di mana dia tinggal akan menghormati otoritas Anda saat sedang melatihnya.

Menunggi adalah cara lain bagaimana seorang Pemimpin Kawanan menegaskan posisi mereka. Di alam liar, anak anjing menunggu untuk makan dan anjing dewasa menunggu sampai Pack Leader mereka menyatakan untuk melakukan perjalanan. "Menunggu" adalah sebuah bentuk usaha psikologi bagi anjing, dan dalam hal ini Pemimpin kawanan yang baik mampu membuat kawanannya untuk menunggu sampai ada keputusan yang diberikannya.

Bangun posisi Anda sebagai Pemimpin kawanan dengan meminta anjing untuk beraktifitas. Bawa dia berjalan-jalan sebelum Anda memberinya makan. Dan, jangan memberikan makanan sampai anjing Anda bersikap tenang dan patuh. Exercise / latihan akan membantu anjing Anda, terutama anjing yang berenergi tinggi, untuk mencapai kondisi ini (menjadi anjing yang tenang dan patuh).

Tes kepemimpinan yang sesungguhnya adalah mengenal anjing Anda. Memiliki keinginan untuk mengenalnya lebih dalam dan apa yang memenuhi hidup mereka. Inilah yang menciptakan keseimbangan. Menyusun rencana pelatihan anjing, menetapkan niat dan menindaklanjutinya adalah sesuatu yang menciptakan hubungan dan ikatan Anda dengan anjing menjadi lebih kuat. Sikap menghargai adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh anjing Anda dan untuk Anda sendiri.

nilah yang membedakan Pack Leader sejati dari yang lainnya. Pemimpin Kawanan sejati adalah mereka yang jujur, menerima apa adanya, menjalin hubungan dengan anjingnya (tidak berhubungan hanya saat memberi makan), selalu ada disaat dibutuhkan, menghargai, seimbang, dan mengenal anjingnya dengan sangat baik. 

Secara alami, dalam semua hal Pemimpin Kawanan menetapkan aturan dan batasan untuk kawanan mereka dan dengan berbuat demikian, akan membuat kawanannya menjadi lebih stabil.

cesarsway.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar