Rabu, 13 Februari 2013

Mengenal Itik (bebek) Hias

Itik atau bebek dikenal sebagai penghasil telur yang banyak dipakai sebagai telur asin, atau sebagai penghasil daging.  Namun selain sebagai penghasil daging dan telur ada beberapa jenis bebek yang mempunyai keindahan warna yang menarik dan banyak di pelihara sebagai binatang hias.
1. Itik Mandarin
Bebek yang indah ini berasal dari negeri China tetapi kini banyak dijumpai di Jepang, Taiwan, sebelah tenggara Rusia, sebelah barat Inggris dan Siberia. Negara-negara di Eropa mengenalnya lewat burung-burung yang di bawa ke kebun binatang atau induk yang diimport untuk dipelihara. Bentuk tubuh bebek mandarin berukuran sedang dengan bobot badan antara 0.5 – 0.7 kg/ekor. Di negeri asalnya, bebek ini disebut sebagai Yuan-yangan. Bebek ini juga melambangkan kebahagiaan dan kesetiaan.
Menurut kepercayaan dan tradisi tionghoa, bebek mandarin dipercaya dapat mendatangkan kebahagian terutama bagi pengantin yang baru menikah. Karena kepercayaan inilah, maka dalam setiap upacara pernikahan gambar atau photo bebek mandarin kerap menghiasi tempat pernikahan. Bahkan dalam praktek Feng Shui, dipercaya bahwa lukisan atupun ukiran bebek ini dapat menimbulkan rasa cinta yang mendalam bagi kehidupan seseorang.
 
2. Bebek Kayu (wood duck)
Bebek Kayu atau Aix sponsa merupakan unggas liar paling indah dan hidup di sebagian besar wilayah  Amerika Utara. Penampilan itik jantan yang sangat menonjol dengan perpaduan warna bulu  yang indah, mulai dari kepala, sayap hingga ekornya sangat cantik dan mengagumkan. Hal ini tidak bisa ditemui di antara spesies itik lainnya, kecuali keluarga yang terdekatnya, bebek Mandarin. Demikian juga dengan itik betina, walaupun tidak seindah bebek jantan, tetapi penampilannya lebih menarik daripada jenis itik betina lainnya.
Wood duck memiliki penampilan unik dan menarik, bentuk kepala menyerupai  kotakdengan ekor yang pendek serta lebar. Ukuran, itik jantan dewasa dapat mencapai 680g, sedangkan betina 640g. Bila dilihat dari kejauhan, penampilan itik jantan terlihat biasa tetapi bila dilihat dari jarak dekat akan terlihat betapa suatu warna putih di bagian leher atas, warna cokelat di bagian dada dan leher bawah, mata merah dengan titik hitam, sangat-sangat mengagumkan.
 
3. Bebek Aylesbury
merupakan jenis bebek yang diternakkan untuk diambil dagingnya dan dipelihara untuk dijadikan bebek hias, sehingga penampilan bulunya harus bagus. Bulunya berwarna putih dan kaki berwarna oranye.
Jenis bebek aylesbury ini dikembangkan pada awal abad ke 18 di kota aylesbury selatan London. Lambang kota ini juga adalah bebek aylesbury. 
Bebek aylesbury adalah jenis bebek yang langka. Yang sering dijumpai orang adalah jenis bebek aylesbury yag telah disilangkan dengan jenis bebek pedaging yang lain. Karena orang mengira jika bebek itu berwarna putih maka akan dikira dan disebut sebagai bebek aylesbury yang aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar