Sabtu, 23 Maret 2013

TREND BURUNG KUTILANG JAMBUL

Kutilang jambul atau nama ilmiahnya Pycnonotus jocosus atau nama umumnya adalah Red-Whiskered Bulbul, saat ini merupakan burung kicauan yang lagi trend di beberapa negara seperti thailand, vietnam, singapura dan malaysia, bahkan mulai ngetrend  juga di Indonesia. Burung Kutilnag jambul punya penampilan dan warna telinga merah menyala yang menarik dan anggun. Dilihat dari cara berdiri yang tegak dan perilakunya yang kalem burung ini langsung menarik hati para penggemar burung kicauan. Di negara-negara tersebut burung kutilang Jambul sering dilombakan dan punya kelas tersendiri.
Kutilang jambul ini masih keluarga dekat dengan kutilang biasa ( Pycnonotus aurigaster), Cucakrowo (Pycnonotus zeylanicus), Trocokan (Pycnonotus goiavier).  Burung ini bukan burung asli di Indonesia, dan sampai saat ini belum dilaporkan keberadaannya di hutan alam indonesia. Burung Kutilang jambul habitat aslinya berada di Semenanjung Malaysia dan Thailand.
Makanan alami dari Kutilang Jambul adalah buah-buahan serta serangga, dan juga burung ini mempunyai sifat yang sangat percaya diri dengan gaya dan kicauannya yang sangat ramai serta berirama.
Jika anda tertarik untuk memelihara burung kutilang jambul ini, makanan yang dapat diberikan antara lain :
1. kroto (telur semut rangrang)
2. jangkrik
3. belalang
4. buah pisang
5. madu

6. Voer 
Untuk Kicauan Burung Kutilang Jambul dapat di lihat pada video dibawah ini: 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar