Minggu, 07 Juli 2013

IKAN GABUS KAYA PROTEIN DAN BERKHASIAT OBAT

Ikan Gabus (Channa striata) atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan snakehead fish (ikan kepala ular) merupakan ikan air tawar liar yang dagingnya enak dikonsumsi. Di daerah jawa ikan ini dikenal juga dengan nama ikan kutuk atau ikan kotes. Selain enak dikonsumsi peminat ikan gabus juga memanfaatkan ikan ini untuk obat. Bahkan ada yang percaya bahwa ikan gabus juga meningkatkan vitalitas kaum adam.  Penulis pernah dengar ada pengemis yang punya istri sampai empat, dan di menuturkan selalu menyisihkan hasil dari mengemis tadi untuk membeli ikan gabus dan rajin konsumsi ikan gabus tersebut untuk menjaga stamina katanya.  Di kampung atau pedesaan, anak laki-laki setelah disunat selalu disuruh makan ikan gabus agar penyembuhan lebih cepat. 

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan Ikan gabus ternyata memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi. Albumin merupakan salah satu jenis protein penting yang sangat diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka. Albumin juga berfungsi mempertahankan regulasi cairan dalam tubuh. Bila kadarnya rendah, protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah, dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bahkan, penyerapan obat-obatan yang seharusnya berfungsi menyembuhkan, tak akan maksimal.   Selama ini untuk mengatasi kekurangan albumin tersebut dilakukan dengan memberikan infus albumin, tapi harganya cukup mahal karena infus albumin tersebut diproduksi dari plasma darah manusia.  Solusi murah memperoleh albumin dari luar adalah mengonsumsi ikan gabus.

Hampir penyakit berat dan akut seperti kanker, gagal ginjal, diabetes, tuberkolusis, dan jantung ditandai dengan menurunnya kadar albumin di tubuh atau hipoalbumin. Konsumsi ikan gabus sebanyak 2 kg per hari bisa meningkatkan kadar albumin mencapai standar ideal 3,5–5 g/dl dalam waktu 7-8 hari.
Bila kesulitan memperoleh ikan gabus segar, kini banyak beredar albumin ikan gabus dalam bentuk ekstrak kapsul, jel, dan cair. Pengolahan albumin ekstrak gabus tersebut harus sesuai dengan aturan, agar albumin tetap terjaga baik. Sebagai contoh bahan ekstrak tidak boleh dipanaskan lebih dari suhu 40 derajat celcius supaya albumin tidak menjadi rusak.

SECARA UMUM KHASIAT & KEGUNAAN IKAN GABUS ADALAH:
1. Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
2. Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.
3. Mempercepat penyembuhan Luka Dalam / Luka Luar.
4. Membantu proses penyembuhan pada penyakit:
       -Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome,Tonsilitis,
       -Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV,
       -Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.
5. Menghilangkan Oedema (pembengkakan).
6. Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.
7. Membantu penyembuhan Autis.
8. Sebagai larutan pengganti pada keadaan kekurangan albumin.
9. Meningkatkan vitalitas (berdasar pengalaman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar