Rabu, 12 November 2014

INSANG IKAN PARI MANTA YANG BANYAK DIBURU

Ikan Pari merupakan ikan laut yang banyak terdapat di Indonesia. Ada banyak sekali jenis ikan pari, dan salah satu yang terkenal adalah ikan pari Manta.  Ikan pari manta banyak diburu untuk diambil insangnya yang harganya sangat mahal, semahal sarang burung walet.  Insang Ikan pari manta diolah sebagai bahan obat-obatan dan konon insang ikan pari sangat berkhasiat sebagai penambah stamina untuk kaum pria.

Indonesia telah menetapkan perlindungan terhadap 2 spesies pari manta yaitu pari manta karang (Manta alfredi) dan pari manta oseanik (Manta birostris. Harga 1 kg insang ikan pari manta bisa mencapai 5 juta rupiah tergantung kualitasnya.

Pari manta memakan plankton dan termasuk dalam kelompok hewan ovovivipar, yaitu hewan yang menetaskan telurnya di dalam tubuh induknya. Seekor manta betina dewasa dapat "mengandung" 2 ekor bayi manta
sekaligus. Lama kehamilan pari manta adalah sekira 9-12 bulan.  Bayi pari manta yang baru lahir dapat berukuran 1,2 meter lebarnya dan 45 kg bobot tubuhnya. Saat keluar dari tubuh induknya, kondisi sirip bayi manta masih terlipat namun begitu ia dapat langsung berenang saat mulai mengembangkan siripnya.  Usia maksimal pari manta diperkirakan bisa mencapai 20 tahun.  Pari Manta biasanya ditemukan di perairan dengan kedalaman lebih dari 10 m. 

Pari manta menjadi maskot hewan laut karena sangat anggun, yang nampak seperti pesawat silmuna yang sedang terbang dengan senyap dan tenang saat mengarungi perairan tropis. Manta bergerak dengan menggunakan sirip dadanya dari kepala hingga bagian belakang. Kadang-kadang ikan pari manta ini terlihat di permukaan atau bahkan melompat dan terbang betulan di atas permukaan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar