Sabtu, 22 November 2014

OMEGA 3 IKAN KEMBUNG/KATOMBO LEBIH TINGGI DARI SALMON

Ikan Kembung adalah ikan laut yang termasuk dalam marga Rastrelliger, meskipun harganya relatif murah namun ikan ini termasuk enak rasanya dan jadi favorit ibu-ibu untuk disajikan di meja makan. Ikan kembung banyak sekali nama lokalnya, di Sulawesi tengah sampai utara biasa disebut ikan Katombo, dan jika anda melakukan perjalanan darat dari Palu sampai Manado pasti dengan mudah menemukan warung makan dengan menu ikan katombo bakar. Di Makassar nama lokal ikan kembung adalah ikan banyar, sedang di Ambon disebut ikan lema.

Di wilayah laut Indonesia dikenal 3 jenis ikan Kembung yaitu :
1. Rastrelliger brachysoma (Bleeker, 1851), nama lokal= kembung perempuan
2. Rastrelliger faughni Matsui, 1967, nama lokal = kembung
3. Rastrelliger kanagurta (Cuvier, 1817), nama lokal= kembung laki-laki

Kalau di luar negeri ada ikan salmon yang sangat terkenal dengan kandungan minyak Omega 3 yang sanat tinggi, di negeri kita ini ikan kembung juga punya kandungan Omega 3 yang setara dengan ikan salmon malah disebut lebih tinggi.  

 Kandungan Asam Lemak Omega 3 per 100 Gram pada Berbagai Jenis Ikan
Jenis ikan
Asam lemak omega 3
Kembung/Katombo
2,2
Tuna
2,1
Sardin
1,2
Salmon
1,6
Makarel
1,9
Herring
1,9
Teri
1,4
Tongkol
1,5
Tawes
1,5
Sumber: www.calorie-count.com

Dengan makan ikan kembung yang dari sisi harga relatif murah dari ikan salmon import, kita sudah bisa mendapatkan gizi yang cukup serta manfaat Omega 3.  manfaat Omege 3 ini penting bagi balita, dimana pada masa rawan perkembangan otak, omega 3 sangat dibutuhkan karena 50% dari asam lemak yang terdapat pada jaringan otak adalah DHA dan EPA. Beberapa studi menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 merupakan lemak tak jenuh yang terbukti dapat membantu perkembangan IQ dan Psikomotorik bayi atau anak (Khomsan, 2004).
Omega 3 juga bermanfaat pada aktivitas mata (visual activity) untuk meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan gejala rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis, serta menghambat pertumbuhan kanker. Selain itu omega 3 sangat dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan sel-sel darah dan jantung.
Oleh karena itu gerakan gemar makan ikan akan mendukung terbentuknya generasi emas yang akan meneruskan pembangunan bangsa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar