Kamis, 25 Juni 2015

Mengenal Ayam Saigon atau Ayam Vienam Asli

Ayam Vietnam atau juga disebut Ayam Saigon dari sisi bulunya mempunyai 3 jenis ayam yaitu :  
  1. Ayam Saigon Gundul yang pada leher dan sebagian kepalanya botak. Jenis ini paling umum dan paling dikenal sebagai ayam Saigon.  Ayam Saigon aduan yang terlahir memiliki kepala gundul atau botak sejak lahir secara garis keturunan merupakan ayam madagascar yang disilangkan dengan ayam vietnam asli.
  2. Ayam Saigon berbulu tipis. Jenis ini umumnya memiliki bulu tipis seperti ayam babon, dan bulu ekornya juga pendek.
  3. Ayam Saigon berbulu lengkap, sebagaimana laiknya ayam sabung pada umumnya.

Menurut  penelitian dari Dr. Finsterbusch, menjelaskan soal adanya ayam gundul, bahwa sekitar 10.000 tahun yang lalu, orang-orang berkulit coklat atau kuning (asia tenggara) telah mengimpor ayam gundul atau botak asli madagascar sebagai hewan peliharaan, ke wilayah asia tenggara seperti Indonesia, laos, kamboja dan vietnam. Sehingga di Indonesia sendiri banyak dijumpai ayam yang sudah gundul dari menetas.   Menurut cerita peternak ayam asli vietnam,  mengatakan bahwa ayam vietnam aduan yang  gundul atau botak sejak menetas secara garis keturunan merupakan ayam aduan keturunan madagascar.

Ayam Gundul menjadi trademark ayam saigon dikarenakan, dalam budaya adu ayam di vietnam ayam aduan lebih bagus jika gundul atau botak dalam pertarungan ayam. Ayam gundul dianggap ayam istimewa, dipercaya ayam akan sulit dipegang, mudah dirawat atau diurut leher dan paha

Kelebihan Ayam Saigon

1. Ayam Saigon adalah ayam aduan yang punya struktur tubuh dan tulang yang lebih besar dari ayam aduan Bangkok serta  kulitnya  lebih tebal.
2. Bobot yang dimilikinya lebih berat dibandingkan ayam aduan Bangkok atau ayam aduan Birma.
3. Ototnya lebih berserat dan hal ini menyebabkannya lebih kuat menerima pukulan dari lawan.

Kekurangan ayam aduan Saigon

1. Tipe serta teknik bertarung ayam aduan Saigon tidak bagus dan lambat. Namun demikian ayam saigon yang ada saat ini sudah lebih baik dibanding ayam saigon terdahulu.
2. Bulu-bulunya gampang pecah, tidak berkilau, kurang cantik. Karena itu, gampang patah jika terkena pukulan lawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar