Jumat, 26 Juli 2013

ATASI NGOROK PADA AYAM DENGAN LARUTAN PENYEGAR

Ayam jantan mungkin paling kena penyakit ngorok ayam ini. Suara nafas Ayam terdengar seperti orang ngorok padahal ini ayam tidak tidur loh. Penyakit ini memang bukan penyakit berat dan mematikan ayam, namun jika dibiarkan berlarut-larut bisa mengakibatkan kematian juga.  
Apabila anda punya ayam yang memang khusus didengar suaranya macam ayam ketawa dan ayam bekisar atau ayam hutan, maka penyakit ngorok ini akan mempengaruhi kualitas suara ayam jantan anda. Penyakit ngorok atau CRD pada ayam ini merupakan suatu penyakit yang menyerang saluran pernafasan dimana sifatnya kronis. Penyebab utamanya adalah keracunan Mycoplasma galisepticum, salah satu gejala khas CRD adalah ayam tersebut ngorok, sehingga peternak menyebutnya penyakit ngorok.
Pengobatan Ayam ngorok berdasarkan pengalaman bisa diobati dengan larutan penyegar. Ada banyak tuh merek larutan penyegar macam adem sa*i dll.  Denga larutan penyegar tersebut panas dalam yang diakibatkan pleh bakteri bisa di kurangi dan ayam akhirnya tidak ngorok lagi.  Namun bila tidak sembuh sebaiknya diobati dengan antibiotik khusus ayam macam tetraclor atau anti snot dan CRD. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar