Sabtu, 07 Juni 2014

KADAL PANAMA KADAL UNIK LIDAH BIRU DARI PAPUA

Pada era modern ini kegemaran memelihara hewan semakin luas dan semakin nyeleneh aja.  Hewan yang unik biasanya dburu untuk dijadikan koleksi sebagai hewan peliharaan.  Salah satu hewan unik yang banyak diburu kolektor pencinta reptil adalah Kadal Lidah Biru atau biasa juga disebut Kadal Panama, walaupun aslinya bukan dari negara Panama. Kadal lidah biru atau dalam bahasa inggris disebut Blue Tongue Skink ini banyak hidup di daerah Papua, sampai Australia.

Keunikan dari Kadal Panama adalah warna lidahnya yang berwarna Biru dan corak kulitnya yang mirip dengan ular.  Meskipun lidahnya berwarna biru, ternyata kadal ini tidak mengandung bisa alias racun jadi cukup aman dipiara.
Kadal Lidah Biru termasuk hewan yang cerdas dan cocok sebagai hewan peliharaan.  Kadal ini dapat mengenali suara, mengenali orang yang jadi pemiliknya.
Masa hidup kadal panama ini tergolong cukup panjang,  sekitar 20 tahun di alam dan mampu hidup sampai 30 tahun di penangkaran. Kadal Lidah Biru bisa diajak  berinteraksi dengan manusia, sangat menyenangkan  dan jika dibawa di depan umum orang seperti melihat  hal yang unik dan ajaib.

KANDANG
Karena Kadal Panama ini suka berkelahi, maka untuk pemula sebaiknya memelihara satu ekor saja dulu, kalau mau pelihara lebih dari seekor bisa saja, asalkan dipelihara dalam kandang terpisah. 
Kandang Ukuran kandang untuk anakan sekitar 60 x 30 x 30 cm3. Angka 60 cm adalah ukuran panjang. Tetapi lebih panjang sebenarnya lebih baik. Sedangkan untuk kadal dewasa, panjang kandang minimal 100 cm.  Bahan kandang yang sesuai untuk Kadal Lidah Biru  adalah kaca atau akrilik.  Di dalam kandang perlu disediakan kotak untuk sembunyi. Sedangkan di lantai kandang perlu dihamparkan pasir pasir pantai, karena bahan ini merupakan substrat yang paling cocok untuk blue tongue.    Untuk mencegah agar pasir tak dimakan, sebaiknya pemberian pakan dilakukan di luar kandang (misalnya pada kandang terpisah atau secara outdoor). Sebab pasir yang termakan bisa menyebabkan penyakit di usus. Jika jumlah pasir yang termakan terlalu banyak, bukan tidak mungkin kadal akan mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar